bintang-bintang

Kupu-kupu

Rabu, 10 Desember 2014

Penerapan Hukum Pascal dalam Rem Hidrolik

Rem hidrolik pada mobil meneraapkan prinsip kerja hukum Pascal, dengan menerapkan hukum pascal tersebut pengemudi hanya perlu memberikan gaya kecil untuk mengurangi laju kendaraan. Hukum pascal adalah hukum yang berbicara tentang tekanan fluida pada ruang tertutup. Jika sebuah kantong plastik yang berisi air dilubangi dengan jarum di beberapa tempat, airnya akan memancar keluar. Pancaran tersebut akan semakin kuat jika bagian atas plastik ditekan (diperas). Hal ini menunjukkan bahwa tekanan tersebut diteruskan ke segala arah dalam air. Terbukti, pancaran air yang terjadi semakin kuat.
Pernyataan di atas pertama kali dikemukakanoleh Blaise Pascal. Setelah melakukan percobaan dengan alat penyemprotan (penyemprot Pascal), dia menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan ke segala arah sama besar. Selanjutnya, pernyataan tersebut dikenalsebagai hukum pascal. Salah satu penerapan hukum paskal yaitu pada rem hidrolik.

Prinsip kerja Rem Hidrolik adalah sebagai berikut :
Pada rem hidrolik terdapat pipa-pipa hidrolik yang berisi cairan berupa minyak rem. Pipa ini nantinya akan mengarah pada silinder utama dan berujung pada bantalan rem. Komponen-komponen tersebut memegang peranan dimana konsep dan strukturnya telah didesain sedemikian rupa sehingga sesuai dengan hukum pascal, dengan tujuan menghasilkan daya cengkram pada bantalan rem yang besar dari penginjakan pedal rem yang tidak terlalu dalam.
Penyesuaian terhadap hukum pascal yang dimaksud adalah dengan mendesain agar pipa pada pedal rem lebih kecil daripada pipa yang terhubung dengen bantalan rem. Saat pedal rem diinjak akan menyebabkan terbentuknya gaya dari pedal yang akan diteruskan ke silinder utama yang berisi minyak rem. Selanjutnya tekanan tersebut akan diteruskan oleh minyak-minyak  ke segala arah di permukaan pipa termasuk ujung-ujung pipa yang terhubung dengan bantalan rem.  
Karena luas permukaan piston bantalan rem lebih besar dari pada piston pedal maka gaya yang tadinya digunakan untuk menginjak pedal rem akan diteruskan ke piston bantalan rem yang terhubung dengan piringan logam dengan jauh lebih besar, sehingga gaya untuk mencengkram piringan logam akan lebih besar pula. Bantalan rem yang bersinggungan dengan piringan logam akan menghasilkan gaya gesek, yang nantinya dapat menghentikan putaran roda.
 
Sumber :
http://anekatopik26.blogspot.com/2014/01/makalah-dongkrak-03.html
http://roiyanali98.wordpress.com/2014/03/20/peralatan-yang-menggunakan-prinsip-kerja-hukum-pascal-dan-archimedes/comment-page-1/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://flash-clocks.com/blog/?subscribe=success#blog_subscription-2