bintang-bintang

Kupu-kupu

Selasa, 09 Desember 2014

PROSES DIFUSI DALAM PENYEMPROTAN PARFUM

Kenapa parfum yang hanya diteteskan atau disemprotkan sedikit saja pada salah satu sudut ruangan, baunya akan dapat dengan mudah menyebar ke seluruh ruangan tersebut??

fenomena tersebut dapat terjadi karena menerapkan konsep "Difusi"

Apa itu difusi?
Difusi adalah gerakan partikel dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah melalui suatu dinding (membran). Tiap molekul bergerak secara lurus sampai ia bertabrakan dengan molekul lainnya. Contoh molekul glukosa bertabrakan dengan molekul glukosa lainnya, dengan molekul air, atau dengan molekul selulosa. Pada setiap tabrakan molekul terpental dan menuju ke arah yang lain, hal inilah yang menyebabakan gerakan acak dari molekul tersebut. Kecepatan difusi zat melalui membran sel tidak hanya bergantung pada gradien konsentrasi, tapi juga pada besar muatan dan daya larut dalam lipid, yaitu molekul hidrofobik, lebih mudah berdifusi melalui membran dari pada molekul hidrofilik.(Kimball:2000) Difusi terfasilitasi adalah sejenis transpor pasif yang molekul solutnya bergerak menuruni gradien konsentrasi dengan bantuan protein pembawa pada membran. Suatu protein pembawa mengambil sebuah molekul, kemudian protein tersebut berubah ke bentuk alternatifnya untuk menyimpan molekul ke sisi lain membran. Dalam hal ini tidak diperlukan masukan energi.
Ada beberapa factor yang mempengaruhi kecepatan difusi, yaitu ukuran partikel, ketebalan membran, luas suatu area, dan jarak antar dua konsentrasi.

Begitu  juga yang terjadi pada peristiwa penyemprotan atau penetesan parfum merupakan difusi zat cair dalam medium gas, difusi terjdi dari konsentrasi  tinggi yaitu pada sudut ruangan yang diberi tetesan atau semprotan parfum akan mengalir menuju konsentrasi rendah yaitu pada sisa ruang yang tidak diberi parfum maka harum parfum akan menyebar dari konsentrasi tinggi kerendah dan mengakibatkan tidak hanya satu sudut ruangan saja yang harum tapi seluruh ruangan juga akan menjadi harum.Tiap molekul parfum bergerak secara lurus dan  bertabrakan dengan molekul parfum lainnya, maupun molekul-molekul yang ada dalam udara. Pada setiap tabrakan molekul terpental dan menuju ke arah yang lain, hal inilah yang menyebabakan gerakan acak dari molekul tersebut. Faktor yang mempengaruhi keceptan difusi yaitu :
  • Ukuran partikel. Semakin kecil ukuran partikel parfum, semakin cepat partikel itu akan bergerak, sehinggak kecepatan difusi semakin tinggi. 
  • Luas suatu area. Semakin besar luas area ruangan tersebut, semakin cepat kecepatan difusinya. 
  • Jarak. Semakin besar jarak antara dua konsentrasi, semakin lambat kecepatan difusinya. 

Sumber :
http://atsilahhenderni.blogspot.com/2012/11/aplikasi-difusi-dan-osmosis-di.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://flash-clocks.com/blog/?subscribe=success#blog_subscription-2