bintang-bintang

Kupu-kupu

Kamis, 04 Desember 2014

penerapan konsep perubahan energi pada sertika listrik

bagaimana suatu benda mati dapat menghasilkan panas? salah satu contoh benda mati itu adalah setrika listrik, bagaimana setrika listrik menghasilkan panas dan panas tersebut dapat dimanfaatkan sabagai alat untuk menggosok pakaian kita yang kusut dan merubahnya menjadi pakaian yang rapi?

ya guys,,,, apa kalaian tau bahwa setrika listrik dapat menghasilkan panas karena setrika listrik menerapkan konsep perubahan energi, tepatnya perubahan energi panas listrik menjadi panas.

apa itu energi?
energi yaitu sesuatu yang dapat menyebabkan benda dapat melakukan suatu pekerjaan atau energi merupakan sesuatu yang dapat menimbulkan usaha. Energi juga dapat dikatakan sesuatu usaha yang masih tersimpan. Dari pengertian itu karena energi merupakan suatu usaha yang masih tersimpan maka satuan energi menurut Satuan Internasional (SI) adalah joule. Satuan energi yang lain yaitu kalori dan kWh, kalori dipergunakan untuk menyatakan satuan energi kimia, sedangkan kWh dipergunakan untuk menyatakan energi listrik. 

lalu... apa energi terbesar yang ada dibumi???
energi terbesar yang ada di bumi kita adalah energi matahari, Energi panas dari sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di muka bumi ini. Manfaat energi matahari dapat dirasakan oleh manusia yaitu dapat dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian, untuk menghangatkan ruangan, sebagai penghangat tubuh, untuk mengeringkan hasil pertanian seperti padi, kopi, cengkeh, untuk pembengkit tenaga listrik. Selain dapat bermanfaat bagi manusia energi matahari juga bermanfaat bagi tumbuhan yang memiliki klorofil untuk dapat melakukan proses pembuatanan makanan atau proses fotosintesis. 

Namun secara umum bentuk energi dibedakan menjadi 6 yaitu energi kimia, listrik, panas, bunyi, nuklik, dan mekanik (energi potensial dan energi kinetik. Suatu energi manfaatnya baru akan dapat terlihat apabila energi tersebut mengalami suatu perubahan bentuk dari energi satu ke dalam energi yang lainya. Seperti yang kita ketahui bahwa energi memiliki suatu hukum yang sering disebut dengan hukum kekekalan energi. Bunyi dari hukum kekekalan energi adalah energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi energi dapat berubah bentuk dari bentuk yang satu ke bentuk yang lainnya. Dari hukum kekekalan energi di atas apabila energi dapat dirubah ke dalam bentuk energi lainnya maka energi tersebut akan dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.Salah satunya dapat dimanfaaatkan sebagai alat setrika listrik.

Setrika listrik memerlukan adanya panas untuk memudahkan dalam menghaluskan permukaan pakaian. Energi panas diperoleh dari konversi energi listrik, energi listrik ini diubah menjadi energi panas. prosesnya adalah sebagai berikut : 
Bermula dari penyusunan rangkaian listrik dan komponen-komponen setrkia hingga terbentuk sedemikian rupa, kemudian dari penutupan saklar bimetal pada rangkaian, menyebabkan arus mengalir dari sumber tegangan menuju lampu, kemudian melalui saklar, dan melalui hambatan lilitan kawat nichrome pada elemen pemanas. Akibat besarnya nilai resistansi pada hambatan tersebut, maka akan menimbulkan panas yang besar. Panas tersebut akan ditransfer secara konduksi (perpindahan panas melalui perantara),dari elemen pemanas menuju alas setrika, sehingga alas setrika mulai memanas dan siap digunakan. Ketika panas pada pengatur suhu tingkatan tertentu telah mencapai puncaknya, maka arus akan otomatis terputus akibat prinsip pemuaian bimetal yang mengakibatkan saklar terbuka. Hal tersebut digunakan agar tidak menimbulkan overheat (panas berlebih) pada elemen pemanas, sehingga tidak mengalami kerusakan maupun terbakar. Mekanisme perpindahan kalor yang terjadi pada alat setrika listrik ini terdapat pada kontak langsung antara elemen pemanas dengan alas setrika. Panas akan merambat dari elemen pemanas secara konduksi menuju ke alas setrika karena panas ditransfer tanpa adanya perpindahan massa di antara kedua logam tersebut.

Sumber :
http://fandyaridha.blogspot.com/2013/04/aplikasi-perpindahan-kalor-pada-setrika.html. Diakses tanggal 4 desember 2014
http://kusumaw42.blogspot.com/p/materi.html. Diakses tanggal 4 desember 2014
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://flash-clocks.com/blog/?subscribe=success#blog_subscription-2